Kerja Praktek
Halolaa Me!
Aku sekarang lagi kerja praktek (wajib kuliah). Tiba-tiba masuklah ke AirNav, perusahaan pengontrol navigasi udara di Indonesia. Karena tempatnya di Tangerang, aku harus ngekost di Tangerang juga. Beda kota, beda cerita. Akhirnya aku keluar dari Bandung untuk waktu yang relatif lebih lama (dua bulan). Padahal temen-temen aku ada yang bahkan dari SMP udah pindah kota karena sekolah, aku harus nunggu 21 tahun untuk keluar. Nunggu? Nunggu gitu? curiga ngga wkwk.
Tempat Tinggal
Sebelum bener-bener pindah, kita pernah survey dulu nyari-nyari. Asalnya nyari kos-kosan gitu kan. Tapi banyaknya campur gitu cewe cowo. Serem... mana kemarin ada kasus Eno itu di sekitar sini... akhirnya terpilih lan tinggal di Aeropolis. Namanya sih apartemen, tapi kamarnya mirip banget kosan. Aku tinggal sama Oca berdua sekamar. Di sini harus pake AC soalnya gerah. Aku belajar bayar listrik dan air sendiri hehe. Terus menghemat pemakaian juga biar irit. So happy!
Di Aeropolis ini yang tinggal sebagian besar adalah pramugari sama pilot atau apalah itu petugas-petugas bandara. Pagi siang sore suka ada pramugari cantik udah rapi geret koper mau terbang. Waktu pesen kamar di sini katanya tinggal sekitar 3 unit lagi, cuman pas udah tinggal kita serasa ga punya tetangga karena mereka sepertinya jarang di kamar...
Makan
Makan di sini lebih mahal dari Bandung. 15k itu minimal. Kadang segitu ga sama daging. Kita bawa rice cooker juga jadi bisa masak nasi sendiri. Mama bekelin aku abon sama kentang juga untuk darurat. Nah kita harus mikir,, murahan mana masak nasi sendiri dan listriknya atau beli nasi jadi. Dan akhirnya masak sendiri soalnya berempat (sama Andin Yayas) jadi lebih murah hehe. Untuk air, kita beli galon di bawah terus dianter tetehnya yang baik ke atas. Entah kenapa penjual di Tangerang suka plin plan nentuin harga, hari ini segini besoknya belum tentu. Kayanya mereka pake dollar deh sebenernya.
Transport
Ini nih yang paling banyak makan emosi dan bikin ngakak haha. Pertama kita dikasih tau untuk naik shuttle aeropolisnya aja. Bayar 10k terua usah bayar. Eh taunya naik jadi 15k dan pas pulang kita naik Satya Ardhya (transport bandara, angkot berAC) 6k ke terminal baru nemu shuttle. Terus tenyata bayar juga pulangnya 10k. Kita sempet keos masa bulak balik sehari 31k? tiga hari nyaris 100k ._.
Terus kita mulai lah mencari alternatif. Besoknya kita naik taxi perginya. Tauanya karena kita mungkin terlihat awam, mamang taxinya jadi muter-muter soso polos gitu. Walhasil 66k berempat. Fix taxi coret. Mana kesel gitu gara-gara kelakuan mamangnya. Pulangnya kita coba naik Staya Ardhya ke M1 terus dari situ jalan ke aeropolis. Ternyata jauuh 2 km. Ongkos yang ga dipake malah dibeliin minum gegara cape.
Besoknya kita nyoba deh naik elf. Ternyata 2k doang! kecuali kalo kebagian elf yang bawa istrinya di depan, suka disuruh 3k. Abis itu jalan dikit, naik Satya Ardhya deh 6k. Jalan dikit ini ternyata utk pembangunan rel kereta. Kita jalan di situ dari mulai kosong, sampe diisi bebatuan, sampe ada relnya! Murah kaan! Asalnya 31k sehari jadi cuma 16k sehari hehe Alhamdulillah. Tapi pernah juga salah naik SA malah ke Rawa Bokor dan kita keliling2 dan ngetem super lama. Untung bayarnya tetep 6k hehe. Anehnya di elf suka diputer lagu2 alay yang aku bahkan ga tau (aneh kan ada lagu alay terus aku ga tau). Kaya penyanyi, pengarang, sama arrangernya tuh internal Tangerang. Tapi sekitar 3 mingguan terakhir kita kenalan sama temen baru yang nebengin kita pulang hehe Alhamdulillah.
AirNav
Di perusahaannya Alhamdulillah kita enjoy. Orangnya baik dan ramah-ramah. Padahal kerjaannya mereka high risk banget. Katanya tingkat stresnya juga gede. Ya bayangin satu pesawat 200 orang kira-kira, ini ngatur
2000an penerbangan. 3 pesawat setiap 2 menit. Bandara tersibuk di Indonesia. Aku
kemarin baru dapet magang di divisi automasi yang ngehubungin data radar sama
flight plan. Kita juga ke tower ATC. Pas mau naik harus izin terus kaya serius
banget gitu perizinannya. Eh taunya pas di atas mah orangnya woles gitu pada
nyapa. Mereka sebelum masuk ruangan cek kesehatan dulu, terus kerja maksimal 2
jam sehari. Enak? Ngga sih kalo diliat dari resikonya mah emang setuju kaya
gitu.
1 comments
Ka boleh nanya? Kalo kp di airnav gitu ada ditanya tanyain atau di tes tes gitu ga pengetahuan kita sedangkan saya kurang memiliki skill
ReplyDelete